Alexandara Asmasoebroto

Permainan yang juga termasuk olahraga motor ini memang tak hanya digemari para kaum adam. Namun banyak cewek yang juga senang dan memang hobi balapan di sirkuit. Jadi sudah bukan zamannya lagi wanita tak dapat bersaing dengan laki-laki.

Contoh nyatanya adalah banyak pembalap-pembalap wanita yang sangat berprestasi dan unggul meskipun banyak lawan kaum hawa saat race. Seperti dara kelahiran Jakarta 23 Mei 1988 ini.

Allida Alexandra Nurluthvia lebih dikenal sebagai Alexandra Asmasoebrata atau biasa dipanggil Andra adalah pembalap perempuan Indonesia di kelas gokart maupun mobil formula.

Dikutip dari wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, putri ketiga dari pasangan Haji M. A. S. Alex Asmasoebrata dan Hj. Sofia Muri Mardiana ini memang tak menyangkal bahwa kiprahnya di dunia balap itu berkat sang ayah. Ayahnya, Alex, adalah pembalap seangkatan dengan pembalap Aswin Bahar, Tinton Suprapto, Deyu dan Dolly Indra Nasution.

Andra memulai debutnya di ajang balap gokart sebagai kadet 60 cc, pada usia 12 tahun. Beberapa kali ia berhasil mengukir prestasi di ajang tersebut. Beberapa kali pula ia menyabet juara pertama di kelas tersebut. Setahun kemudian, ia mulai pindah ke kelas ber-cc lebih besar, yaitu 125 cc, bahkan ia sampai ke ajang setingkat ASEAN. Berkat penampilannya Andra kemudian ditawari untuk masuk ke arena balap internasional. Dia diikutsertakan dalam kualifikasi Formula BMW Scholarship pada tanggal 27 hingga 29 Februari 2004 di Spanyol. Inilah mulanya Andra masuk dalam dunia balap mobil formula. Pada tahun 2007, selain mengikuti kejuaraan Karting (Gokart), Andra juga mengikuti kejuaraan Formula Renault Asia.

Wanita cantik yang berkiprah dalam dunia balap ini pun meraih banyak prestasi gemilang, diantaranya adalah,

2002 1st champion National Kart Championship2005 1st champion National Kart Championship2005 13th World Championship Junior rotax max2005 1st China Formula Campus Asian Division


Andra yang juga menyandang Duta Promosi Pariwisata Indonesia 2011 pernah mengikuti kejuaraan Asian Formula Renault race 9 dan 10 di Shanghai, China dan sudah mengoleksi 9 piala di Asian Formula Renault (AFR). Berikut rinciannya:

1. Asian Formula Renault Seri I (Round 1-2), Zhuhai, 7-9 Mei 2011 (4 piala).
2. Asian Formula Renault Seri II (Round 3-4), Zhuhai, 27-29 Mei 2011 (3 piala).
3. Asian Formula Renoult Seri II (Round 5-6), Zhuhai, 19-21 Agustus 2011 (2 piala). 


Dan masih banyak lagi pembalap wanita Indonesia lainnya. Berikut kami rangkum dari berbagai sumber,

Sabrina Sameh


Sabrina Sameh

Dara yang hobi balap ini sudah memulai kariernya sejak duduk di bangku sekolah. Karena hobi dan kesenangannya tersebut Sabrina pun berhasil menjadi salah satu pembalap drag race nasional. Selain menekuni sebagai pembalap dia pun terjun sebagai pesinetron dengan sudah membintangi sejumlah sinetron bertemakan remaja, salah satunya adalah 'Ganteng-Ganteng Srigala'.

Raya Kitty


Raya Kitty

Raya terkenal dalam sinetron anak jalanan yang sedang hits saat ini dan pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan gadis yang satu ini. Dalam kehidupan sehari-harinya gadis berusia 20 tahun tersebut memang berprofesi sebagai pembalap. Prestasi yang pernah diraih penyuka hello kitty ini adalah kejuaraan matic race pada tahun 2013.

Alinka Hardianti


Alinka Hardianti


Sejak usia 14 tahun dara cantik kelahiran Jakarta 21 Juni 1992 ini sudah turun ke sirkuit. Kepiawaiannya di dunia balap ditunjukkan dengan beberapa prestasi yang diraihnya di ajang drift war pada tahun 2012. Tak puas dengan penghargaan tersebut Alinka menjuarai ajang balap yang diselenggarakan Djarum Super MLD City Slalom pada tahun 2013. Prestasi yang diraihnya tak lepas dari peran ayahnya yang selalu mensupport anak gadisnya tersebut untuk selalu berprestasi.

Alinka pernah mampir dan menaklukkan sirkuit IndiGokart BNS lho, sayang saat itu tidak terdokumentasi.

Clio Clarissa Tjonadi


Clio Clarissa Tjonadi


Pembalap muda dan cantik pun berhasil di sandang Clio Clarissa, pasalnya di usia 18 tahun dia sudah mengikuti beberapa ajang balapan. Karena keseriusannya tersebut dia pun mendapat gelar juara pertama pada tahun 2013 di ajang bergengsi Honda Jazz Speed Challenge ISOM.

Kezia Santoso


Kezia Santoso


Berbagai lomba gokart level tanah air pernah dimenangi gadis asal Solo ini. Sebagai wanita, saat ditanya ketakutan apa yang dialami menjadi pembalap gokart ia hanya membuktikannya lewat prestasi.

“Kalau ditanya ketakutan aku apa, aku ngga tahu. Namun itu semua aku tunjukkan lewat prestasi. Selama aku safety riding mudah-mudahan semuanya aman. Terkadang kalau lagi balapan suka ada pembalap laki yang suka nargetin aku buat ditabrakkin. Namun, aku percaya sama diri sendiri dan harus kuat fisik dan mental karena mereka lelaki semua,” ucap gadis berusia 18 tahun ini saat ditemui di kawasan Senayan beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Sooperboycom.


Kezia mengawali kariernya di pada tahun 2010 dan menjadi juara gokart Junior Asia Max Challenge (AMC) di Malaysia pada tahun 2013 silam, hal itu membua dirinya mendapat julukan unik Srikandi Gokart Indonesia. Tak sampai di situ, prestasinya kemudian disambung dengan juara ketiga di kelas Senior Max pada Kejuaraan Nasional Gokart Eshark 2015 lalu.

Perbedaan jenis kelamin tak harus menyurutkan passion seseorang, hal ini sudah dibuktikan oleh para Srikandi Indonesia ini. Nah, mau perempuan ataupun laki-laki, balapan di sirkuit semua sama rata.

Mau belajar menjadi pembalap gokart wanita seperti mereka ? IndiGokart siap membantu anda, dengan instruktur profesional yang berpengalaman puluhan tahun, lengkap dan peralatan standart nasional.

Informasi lebih lanjut hubungi contact person kami,

IndiGokart BNS dan Jatim Park I hubungi David
082 21 8888 392
085 64 6115 622

IndiGokart WBL dan Suroboyo Carnival Park hubungi Fahmi
081 555 835 699
082 330 648 474


Segera register di www.indigokart.com dan bergabung bersama ribuan racer lainya. Karena bagi yang mendaftar di bulan ini. Ada 2 keuntungan yang didapat.

1. Free masuk sebagai member gokart Suroboyo Carnival Park selama 4 bulan
2. Dapat extra 2 lap tambahan di semua Sirkuit IndiGokart.

Buruan daftar melalui www.indigokart.com, kesempatan ini berlaku bagi kamu yang registrasi dari tanggal 10 - 31 November 2016.


Jangan lupa like facebook IndiGokart di Gokart Indonesia.

IndiGokart Fun Race for Everyone